Gelar Pendidikan Organizer, FSPS Ingin Tingkatkan Kemampuan Mengorganisir

Suka dengan Artikel ini silahkan Bagikan
 
  
 more 

Karawang, fsps.or.id – Banyaknya jumlah serikat pekerja sekarang ini, tidak sebanding dengan jumlah pekerja yang bersedia menjadi anggota. Hal tersebut, akan semakin memperlemah gerakan buruh dalam memperjuangkan kesejahteraannya. 

Bertempat di Villa Erema, Bogor, Minggu (11/4/2021), perwakilan anggota dari Federasi Serikat Pekerja Singaperbangsa (FSPS) menggelar acara pendidikan organizer dan media. Acara yang merupakan rangkaian program FSPS Tahun 2021 itu, diikuti oleh 21 peserta dari belasan perusahaan se-Kabupaten Karawang. 

Gelaran pendidikan yang rencananya akan terus diadakan hingga akhir tahun tersebut, diharapkan dapat terbentuk individu-individu yang memiliki kemampuan mengorganisir pekerja yang belum menjadi anggota FSPS. Demikian dikatakan oleh Deni Sunarya, Ketua Umum FSPS dalam sambutannya. Ia juga berharap, hasil dari pendidikan tersebut dapat menumbuhkembangkan kreatifitas pengurus FSPS. 

“Setelah diadakannya pendidikan organizer ini, terbentuk individu-individu yang baru, kreatif, dan mempunyai kemampuan dalam menjalankan organisasi, seiring dengan perkembangan zaman dan tekhnologi informasi, demi terwujudnya kemampuan pengorganisasian FSPS ke daerah-daerah lain”, ujar Deni. 

Setidaknya para peserta pelatihan diberikan pemaparan mengenai arti organisasi dan langkah-langkah pengorganisasian. Sebagai pemateri, Abdul Razak menitikberatkan pelatihan pada praktek melalui simulasi-simulasi antar peserta. “ Selain teori, praktek akan lebih mudah diserap oleh peserta”, ungkapnya.  

Gelaran acara tersebut, dianggap penting karena pekerja yang menjadi anggota serikat pekerja sangat kecil, dibandingkan dengan jumlah serikat buruh sekarang ini. Sehingga menurut Awang, salah satu peserta yang berasal dari FSPS PT. Cresh, Bekasi, berharap pendidikan yang ia ikuti dapat menjadi bekal dalam mengembangkan FSPS di daerah lain. Senada dengan Awang, Debi Aseptin yang berasal dari anggota FSPS PT. JVC, Karawang, juga menyatakan pentingnya pendidikan organizer agar organisasi mempunyai masa depan yang panjang.  

Menurut Panitia Penyelenggara, Riyanto, pihaknya mempersiapkan acara tersebut sejak satu bulan yang lalu. Dikatakannya, setiap penyelenggaraan pendidikan selama dua hari satu malam itu, membutuhkan anggaran hingga belasan juta rupiah. Biaya tersebut pihaknya dapatkan, dari iuran khusus yang diperuntukkan untuk pendidikan dari anggota FSPS di Karawang.  

Ditambahkan Riyanto, lokasi pendidikan yang berada di sebuah villa, di Bogor itu, untuk memaksimalkan tingkat konsentrasi anggota dalam mengikuti pelatihan. “Kami sengaja memilih disini, karena lebih tenang, sejuk dengan suasana yang nyaman. Dan memiliki fasilitas yang lengkap, seperti aula, tempat istirahat, dan fasilitas olahraga, seperti kolam renang, lapangan futsal, dan tenis meja,” terang Riyanto. 

Komentar Facebook

Suka dengan Artikel ini silahkan Bagikan
 
  
 more