TANPA MENUNGGU SK UMSK, FSPS SERENTAK BERUNDING KENAIKAN UPAH 2021 DI TENGAH COVID-19

Suka dengan Artikel ini silahkan Bagikan
 
  
 more 

Karawang, 28 Januari 2021

FSPSingaperbangsa
Ditengah masa Pandemi Covid-19 ini Beberapa Serikat Pekerja Anggota yang berafiliasi dengan Federasi Serikat Pekerja Singaperbangsa, pada bulan Desember dan Januari ini secara serentak mengajukan permintaan berunding kenaikan upah di perusahaan masing-masing. Beberapa SPA tersebut telah mengirimkan surat ajakan berunding kepada Pimpinan masing-masing disetiap Perusahaan tanpa menunggu diterbitkanya SK Upah Minimum Sektoral Kabupaten.
Beberapa SPA tersebut yang bisa dihubungi oleh redaksi adalah SPA Harmonics Techindo Agung (HTA) dan SPA JVC Electronics Indonesia. Menurut Ketua SPA HTA yaitu Sugeng, alasan mereka meminta Kenaikan Upah adalah karena sudah diatur dalam Peraturan Perundang Undangan bahwa setiap tahun kenaikan upah itu harus naik tanpa harus menunggu ada SK UMSK. Ditemui redaksi pada sela sela rapat pengurus SPA HTA hari selasa (26/1/2021), Sugeng Optimis bahwa upah bagi anggota di SPA yang dipimpinya bisa naik pada tahun ini.

Di tempat terpisah, Ketua SPA FSPS PT.JVC Electronics Indonesia yaitu Ali Imron Susanto, yang dihubungi melalui sambungan telepon pada rabu (27/1/2021) juga menegaskan. Bahwa pihaknya sudah mendapatkan sinyal positif dari Pimpinan Perusahaan bahwa Perundingan Bipartit kenaikan Upah tahun 2021 akan segera dilaksanakan dalam waktu dekat ini. Sebelumnya SPA FSPS PT.JVC Electronics sudah mengirimkan surat ajakan Berunding Kenaikan upah kepada Pimpinan Perusahaan pada tanggal 12 Januari 2021.

“Masa Pandemi Covid-19 bukan alasan bagi perusahaan untuk tidak menaikan upah pekerjanya, justru dengan daya beli pekerja yang menurun akibat efek dari pandemi yang berkepanjangan ini, menaikan upah pekerja adalah salah satu cara agar roda perekonomian bisa terus berjalan dan pekerja lebih termotivasi dalam pekerjaanya. dan target akhirnya adalah bisa menaikkan produktivitas bagi perusahaan. yang dimana Pekerja bisa membantu menggerakkan roda perekonomian di sekitar tempat tinggalnya karena daya beli yang cukup,”Ujar Ali”.

Selain itu SPA FSPS PT Iwatani Industrial Gas bahkan sudah memasuki babak Perundingan ke dua kenaikan upah Tahun 2021. Hampir senada dengan beberapa SPA yang lain, menurut Ketua SPA Iwatani yaitu Nanang Saptono, dasar negosiasi dalam meminta kenaikan upah adalah Peraturan Pemerintah No 78 tahun 2015, dimana kenaikan upah bagi pekerja dengan masa kerja diatas satu tahun adalah di negosiasikan antara Serikat Pekerja dan pengusaha.

Komentar Facebook

Suka dengan Artikel ini silahkan Bagikan
 
  
 more